Jumat, 05 Oktober 2018

Doa Memasuki Kota Madinah dan Keistimewaan Kota Madinah

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ ,الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ,اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَآلِ مُحَمَّدٍ


MADINAH - Kota Madinah adalah satu dari dua kota suci. Di Tanah Haram tersebut terdapat sejumlah keistimewaan. Madinah atau dahulu bernama Yastrib merupakan kota Hijrah Nabi Muhammad SAW. Di sana terdapat masjid terakhir yang dibangun oleh Nabi Muhammad SAW bersama para sahabat.



Bagi yang mau Umrah maupun yang ingin melaksanakan ibadah Haji, pastinya memasuki kota Madinah tempat Nabi Muhammad SAW berhijrah. Berikut Doa masuk kota madinah yang kami ambil dari Kementerian Agama RI "Doa dan Dzikir Manasik Haji dan Umrah". Mari Kita hafalkan doa ini, Mudah-mudahan kita diberi kesempatan untuk bisa melaksanakan ibadah Umrah maupun Ibadah Haji. (Aamiin Aamiin Ya Robbal Alamiin)


Artinya :
Ya Allah, Negeri ini adalah tanah haram Rasulmu Muhammad SAW, maka jadikanlah penjaga bagiku dari neraka, aman dari siksa dan buruknya hisab (perhitungan dihari kemudian).

Dalam buku yang disarikan dari Buku Cerdas Haji dan Umrah Mabrur itu Mudah & Indah dan Fadha'il al Madinah al Munawwarrah, Syaikh Khalil Mulla Khatir dan Syaikh Muhammad bin Yusuf asy Syami menyebutukan keistimewaan Kota Madinah, di antaranya yakni:
1. Madinah adalah Tanah Haram dan tempat yang aman. Dajjal pun tidak masuk ke dalamnya.
2. Madinah merupakan tempat masuk yang benar "Dan katakanlah (Muhammad), 'Ya Rab ku masukkan aku ke tempat masuk yang benar dan keluarkan (pula) aku ke tempat keluar yang benar (al Isra : 80).
3. Madinah adalah tempat kota hijrah Nabi Muhammad SAW dari kota Makkah.
4. Rasulullah banyak mendoakan Madinah. Terdapat banyak berkah yang berlipat ganda seperti yang terdapat di Makkah.
5. Madinah dan Makkah dapat menggantikan posisi Masjidil Aqsha bagi orang yang bernadzar untuk melaksanaan salat atau itikaf di Masjidil Aqsha. Tidak ada yang dapat menggantikan selain Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.
6. Dosa kecil di Madinah dicatat sebagai dosa besar. Hal itu berdasarkan sabda Rasullah. "Siapa yang berbuat dosa di Madinah..." Dosa dalam sabda beliau itu mencakup dosa kecil juga. Karena itu akan dibalas dengan balasan dosa besar karena kecerobohan dan sikap orang yang meremehkan berbuat dosa di Madinah.
7. Di Madinah ada manusia terbaik Di sana dimakamkan orang-orang terbaik dari Umat Islam. Mulai dari para sahabat dan generasi selanjutnya.
8. Masjid Nabawi yang berada di Madinah dibangun dengan tangan Rasulullah dibantu para sahabat. Masjid ini merupakan masjid terakhir para nabi dan masjid Nabi.
9. Madinah memiliki sebidang tanah yang merupakan tanah paling mulia di mana terdapat makam Nabi Muhammad SAW.
10. Salat di masjid Nabawi lebih utama dari 1.000 kali pahala. Keutamaan tersebut meliputi salat fardhu dan salat sunah. Salat Jumat satu kali di Masjid Nabawi pahalanya sama dengan 100 kali salat di masjid lain, kecuali masjidil haram.
11. Siapa yang salah 40 kali waktu secara berturut-turut di Masjid Nabawi akan dibebaskan dari api neraka, diselamatkan dari siksa dan dijauhkan dari kemunafikan.
12. Kiblat di masjid Nabawi dan masjid Quba (keduanya di Madinah) merupakan kiblat yang paling lurus di muka bumi.
13. Di antara mimbar nabi Masjid Nabawi dan rumah Rasulullah terdapat Raudhah yang hanya terdapat di Madinah. Raudhah merupakan area di sekitar mimbar yang biasa digunakan oleh Nabi Muhammad SAW untuk berkhutbah. "Antara rumahku dan mimbarku adalah taman (raudhah) dari taman-taman surga. Demikian hadist mengisahkan penyataan Rasulullah. Area itu merupakan area mustajab, sehingga banyak yang berlomba-lomba untuk bisa bermunajat di sana.

Sumber :
1.http://doaumrohsemarang.blogspot.com/2013/12/doa-sewaktu-kendaraan-mulai-bergerak.html
2.https://haji.kemenag.go.id/v3/content/doa-dan-dzikir-manasik-haji
3.https://haji.okezone.com/read/2017/09/23/599/1781615/13-keistimewaan-kota-madinah-di-antaranya-masjid-nabawi-dan-fenomena-tanah-surga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Don't be shy: Leave your comments !