Skema Dan Cara Kerja Transmisi
1. Skema
Gambar 1.1 Roda gigi
dengan eman tingkat kecepatan maju dan satu kecepatan mundur
Pada transmisi roda gigi dengan 7
tingkat percepatan ini, menyediakan harga perbandingan atau ratio. Misalnya
dengan perbandingan sebagai berikut :
1.1. Tabel Perbandingan Gigi
Transmisi |
Perbandingan Gigi (i)
|
Poros
Input
|
Poros
Output
|
1
2
3
4
5
6
7
|
8,190
4,819
2,948
1,848
1,343
7,619
1,000
|
2,34
2,34
2,34
1
2,34
2,34
2,34
|
3,5
2,05
1,25
1,848
0,573
3,25
1,17
|
2. Cara Kerja Transmisi
Lihat
pada gambar 1.1 Poros A adalah poros input dimana poros tersebut dikopel oleh
poros kopling (menerima daya dari kopling) dan mempunyai roda gigi 1 yang
merupakan bagian dari poros A. Roda gigi 1 berpasangan dengan roda gigi 2 dan
menggerakkannya sehingga poros B (poros perantara dimana roda gigi 2 berada)
menjadi berputar.
Perputaran
kiri roda gigi 3, bergeser ke kanan yang diteruskan sehingga berpasangan dengan
roda gigi 4. Daya dari mesin mengalir melalui poros input A, pasangan roda gigi
1-2, poros perantara B, pasangan roda gigi 3-4 dan poros output C sehingga
perbandingan putaran antara poros input A dan poros output C adalah sesuai
dengan perbandingan transmisi 1.
Begitu pula
dengan transmisi 2 dicapai dengan
menggerakkan clutch hub sleeve sesuai
dengan pasangan roda giginya masing-masing.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Don't be shy: Leave your comments !