Jumat, 24 Mei 2013

SKEMA DAN CARA KERJA TRANSMISI


Skema Dan Cara Kerja Transmisi
1. Skema

Gambar 1.1 Roda gigi dengan eman tingkat kecepatan maju dan satu kecepatan mundur

Pada transmisi roda gigi dengan 7 tingkat percepatan ini, menyediakan harga perbandingan atau ratio. Misalnya dengan perbandingan sebagai berikut :

1.1.  Tabel Perbandingan Gigi

Transmisi

Perbandingan Gigi (i)

Poros

Input

Poros

Output
1
2
3
4
5
6
7
8,190
4,819
2,948
1,848
1,343
7,619
1,000
2,34
2,34
2,34
1
2,34
2,34
2,34
3,5
2,05
1,25
1,848
0,573
3,25
1,17
 
2. Cara Kerja Transmisi
            Lihat pada gambar 1.1 Poros A adalah poros input dimana poros tersebut dikopel oleh poros kopling (menerima daya dari kopling) dan mempunyai roda gigi 1 yang merupakan bagian dari poros A. Roda gigi 1 berpasangan dengan roda gigi 2 dan menggerakkannya sehingga poros B (poros perantara dimana roda gigi 2 berada) menjadi berputar.
            Perputaran kiri roda gigi 3, bergeser ke kanan yang diteruskan sehingga berpasangan dengan roda gigi 4. Daya dari mesin mengalir melalui poros input A, pasangan roda gigi 1-2, poros perantara B, pasangan roda gigi 3-4 dan poros output C sehingga perbandingan putaran antara poros input A dan poros output C adalah sesuai dengan perbandingan transmisi 1.
            Begitu pula dengan transmisi 2  dicapai dengan menggerakkan clutch hub sleeve sesuai dengan pasangan roda giginya masing-masing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Don't be shy: Leave your comments !