Jumat, 24 Mei 2013

SINKROMES


Sinkromes
            Sinkromes adalah alat yang digunakan untuk memudahkan pergantian gigi sehingga hal tersebut dapat dilakukan oleh tiap pengemudi tanpa mengalami benturan yang mengganggu/merusak. Alat ini  menggantikan penggunaan kopling cakar pada transmisi roda gigi agar pergantian gigi berlangsung lebih baik dan tidak terjadi benturan atau hentakan yang berarti.
            Prinsip kerjanya adalah adanya gesekan dua permukaan yang dapat menyamakan kecepatan kedua permukaan atau proses sinkronisasi kecepatan kedua permukaan. Alat ini dapat digunakan pada transmisi jenis sliding-mesh, tetapi pada umumnya digunakan pada transmisi jenis constant-mesh.

Cara kerja sinkromes jenis ini adalah sebagai berikut :
A.    Dalam Keadaan Netral
Gigi-gigi dalam keadaan berkaitan yang tetap dengan gigi susun tetapi dapat berputar bebas pada poros output.
Poros Output, Clutch hub, dan clutch hub sleeve masing-masing beralur,dengan demikian semuanya dapat berputar sama. Ring-ring sinkromes berada dalam keadaan bebas tetapi ujung-ujung shifting key ditempatkan pada 3 tempat dari tiap-tiap ring.
B.    Dalam keadaan gigi berhubungan
  • Bila tuas pengatur didorong menurut arah panah, clutch hub dan shifting key akan berkaitan pada bagian yang menonjol dibagian tengahnya dengan demikian tenaga akan pindah ke shifting key. Kemudian shifting key akan mendorong synchronizer ring pada gigi tirus (core gear) yang mana gigi-gigi ini mulai cepat putarannya. Dalam waktu yang bersamaan syncronizer ring akan ditarik oleh gigi dengan demikan clutch hub dan synchronizer ring akan saling berhadapan satu dengan yang lainnya dengan bagian-bagian yang menonjol keluar dari jajaran.
  • Bila shift lever kita dorong sedikit keras, clutch digeserkan lebih lanjut maka clutch akan bebas (tidak berkaitan) dengan shifting key. Synchronizer ring juga selanjutnya akan diseret dan mengakibatkan clutch hub dan synchronizer ring saling mendorong dengan kuat. Selama tenaga dipindahkan gigi ketiga akan bertambah putarannya, hingga akhirnya clutch hub dan gigi ketiga berada pada kecepatan yang sama.


Gambar Sinkromes

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Don't be shy: Leave your comments !